Thursday, April 23, 2009

KOLOID DI SEKITAR KITA Bagian IV

Sejauh ini Anda telah berupaya mengenali berbagai jenis koloid dalam kehidupan sehari-hari. Ternyata kebutuhan hidup sehari-hari, makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika dan yang lain, banyak yang berupa koloid. Peranan koloid demikian besar. Fungsi koloid tentu didasarkan pada sifat-sifat koloid tersebut. Untuk itu, maka pada kesempatan ini Anda dapat mengamati berbagai sifat koloid.

Sifat-sifat koloid meliputi efek Tyndall, gerak Brown, tidak dapat disaring dengan kertas saring biasa, tidak dapat menembus selaput semipermeabel, adsorpsi, bermuatan, koagulasi, dialisis, elektroforesis. Masih adakah sifat koloid yang lain? Tambahkan pada daftar sifat. Sifat-sifat mana yang dapat Anda amati dengan mudah mudah di rumah? Sifat-sifat mana yang dapat Anda amati di lingkungan sekitar dan sifat-sifat mana yang dapat diamati di laboratorium?

Nah, Anda perlu membuat ringkasan sifat-sifat koloid, kemudian merancang pengamatan, baik di rumah, di luar rumah, maupun di sekolah.

Di samping diberikan 4 macam ilustrasi campuran dua macam zat. Dari ke empat campuran itu, yang pertama tampak paling homogen, sedang campuran keempat paling heterogen. Sebelum melakukan pengamatan, pikirkan dahulu perbedaan campuran ini, buatlah klasifikasi. Manakah yang tergolong koloid? Berikan alasannya. Jika salah satu atau lebih dari campuran itu bukan koloid, apa bedanya dengan koloid?

Gunakan buku pelajaran yang Anda miliki. Kalau Anda memerlukan pustaka lain, gunakan buku BSE. Anda dapat mendownloadnya dari internet. Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment