Thursday, April 9, 2009

MEMPELAJARI BAHAN KIMIA DI RUMAH Bagian I

Banyak sekali bahan kimia di rumah yang dapat digunakan untuk mempermudah belajar kimia. Sifat-sifat bahan tersebut dapat diamati langsung, karena bahan itu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Percobaan untuk mempelajari bahan-bahan kimia tersebut dapat dilakukan dengan mudah, pada setiap kesempatan.

Contoh bahan kimia di rumah adalah air, garam dapur, gula, cuka, madu, sabun, alkohol, aseton, pembersih porselein, pemutih, kapur, gamping, soda kue, urea, air aki, tawas, kaporit. Masih banyak lagi contoh bahan kimia di rumah. Walaupun tidak setiap rumah terdapat bahan kimia yang tercantum pada contoh di atas, namun bahan-bahan itu memang sudah banyak dikenal dan digunakan orang dan tersedia di rumah-rumah.

Rumus kimia dari air H2O, garam dapur NaCl, gula C12H22O11, cuka CH3COOH, alkohol C2H5OH, aseton CH3COCH3, bahan pemutih mengandung NaOCl, kapur CaCO3, gamping CaO, soda kue NaHCO3, urea CO(NH2)2, kaporit Ca(OCl)2.

Diantara bahan-bahan kimia di atas, ada yang berupa zat murni dan ada yang berupa campuran. Diantara zat murni di atas ada yang tergolong senyawa kovalen, ada yang senyawa ion. Contoh senyawa kovalen adalah air, gula, cuka, alkohol, aseton, dan urea. Sedang yang tergolong senyawa ion adalah garam dapur, pemutih, kapur, gamping, soda kue, kaporit.

Nah, carilah bahan kimia lain yang belum tercantum pada contoh di atas dan kelompokkan bahan-bahan kimia tersebut seperti contoh di atas.

3 comments:

  1. mamm..

    bguss tuhh mam blognya..

    tnyata gmpg ya mam bkin blog itu..

    hehehe^^v

    ReplyDelete
  2. ass.wb.wr.

    ibu' blognya bgus dach bwat anag" blajar,,,

    lbih mudah gtu dech,,,

    thx ya bu'

    ReplyDelete
  3. Assalammualaikum mom ...

    Mom,, blognya asyik asyik..
    semua materi ada jg,, dr klz x-xii..
    jd bisa buat belajar juga///

    dr tugas ini,, jd tau juga cara buat blog...

    hhehhehhe..

    thx bgd mom...

    ReplyDelete