Tuesday, April 14, 2009

KOLOID DI SEKITAR KITA Bagian I

Benarkah koloid ada di sekitar kita?

Untuk mengetahui bahwa koloid ada di sekitar kita, terlebih dahulu baca informasi tentang koloid. Namun sebaiknya Anda cermati dahulu tentang campuran berbagai bahan kimia yang dapat diklasifikasikan sebagai campuran heterogen dan campuran homogen.

Jika Anda menuangkan air ke dalam gelas berisi gula, Anda tetap dapat melihat bahwa di dalam gelas terdapat air dan gula. Berarti di dalam gelas terdapat dua fasa, yaitu air yang berfasa cair dan gula berfasa padat. Campuran ini dinamakan campuran heterogen yang selanjutnya sering disebut sebagai campuran saja.

Walaupun campuran di atas heterogen, namun jika Anda mengaduknya, maka gula tidak kelihatan lagi. Kemana gula itu? Dikatakan bahwa gula tercampur secara homogen dengan air. Apa artinya? Pada saat Anda mengaduk gula dalam air, butiran gula makin kecil, kemudian tidak kelihatan. Gula yang sebelumnya berfasa padat, molekul-molekulnya terjejal rapat sehingga Anda dapat melihat gerombolan molekul sebagai padatan. Sewaktu padatan itu mengecil, berati molekul-molekul gula tersebar diantara molekul-molekul air. Akhirnya, padatan gula tidak kelihatan lagi, karena semua molekul gula telah tersebar diantara molekul air.

Setelah gula tercampur secara homogen dengan air, timbul pertanyaan, mengapa gula dapat berada diantara molekul air? Nah, Anda harus berpikir tentang perbedaan fasa padat dan fasa cair. Diatas telah dibahas bahwa pada fasa padat, molekul-molekul gula terjejal rapat. Karena air dapat mengalir, berarti molekul-molekul air tidak terjejal rapat. Diantara molekul-molekul air terdapat rongga-rongga yang terisi oleh fasa gas. Oleh karena itulah, dalam air terdapat gas oksigen terlarut sehingga ikan misalnya dapat hidup dalam air. Molekul-molekul gula memasuki rongga-rongga air, sehingga Anda tidak mampu melihat padatannya lagi. Dikatakan bahwa campuran yang terbentuk memiliki satu fasa, yaitu fasa cair. Campuran ini dinamakan campuran homogen, dan sering disebut sebagai larutan.

Sekarang perhatikan bahan-bahan kimia lain yang terdapat di rumah Anda. Klasifikasikan bahan-bahan tersebut, mana yang tergolong campuran dan mana yang termasuk larutan. Tulislah hasil pemikiran Anda dengan mengisi komentar yang ada di bawah artikel, saya akan berupaya meluangkan waktu untuk membantu Anda.

Apakah Anda memasukkan bahan-bahan kosmetika seperti hand and body lotion, cleansing cream ke dalam kelompok larutan atau campuran? Bagaimana pula dengan air teh, minuman kopi, santan dan susu? Kemana Anda mengelompokkannya? Jangan bingung, cermati dengan baik, dapatkah bahan-bahan di atas dikelompokkan ke dalam campuran atau larutan? Tidak dapat? Mengapa?

No comments:

Post a Comment